Facebook Messenger != Facebook

Hari ini kang pendjol baru dapet update Facebook Messenger di Android. Awalnya dikira update biasa, ternyata luaaaarrrrrrr biasa!!!! Facebook Messenger yang baru ini tidak sama dengan Facebook chat atau messages seperti yang di web, benar-benar beda.

Facebook_Messenger

Facebook Messenger nampaknya mulai menantang aplikasi-aplikasi mobile chat yang sudah mulai merajalela, sebut saja BBM, Line, Kakao Talk, WeChat, dan si penguasa, yaitu Whatsapp. Sebagai aplikasi socmed paling populer ternyata Facebook kalah telak di masalah mobile chat, orang lebih memilih aplikasi lain daripada Facebook Messenger. Mungkin orang yang pengen chatting via mobile tidak mau ribet dengan segala keruwetan macam di socmed berbasis web ala Facebook.

Walau tetep harus satu platform (BBM dengan BBM, Whatsapp dengan Whatsapp, sama dengan Facebook), mobile chat selain Facebook Messenger lebih sederhana yang mudah. Cukup sign up lewat mobile, langsung bisa chatting. Ndak perlu harus bikin akun ke socmed versi web kayak Facebook. Bahkan Whatsapp langsung terintegrasi dengan contact di handphone, sehingga cukup dengan mengetahui nomor HPnya, kita bisa dengan mudah kita menemukan kawan yang sama-sama menggunakan Whatsapp. Lha kalo Facebook? Harus jadi friend dulu di Facebook baru bisa chat, ribet.

Ini yang coba diatasi oleh Facebook Messenger terbaru ini, tidak hanya pengguna Facebook yang bisa chat, orang yang tidak punya akun Facebook pun sekarang bisa chat menggunakan Facebook Messenger. Facebook meniru cara dari Whatsapp yaitu integrasi dengan contact di handphone. Artinya, cukup dengan mengetahui nomor HP seseorang, kita bisa chat pake Facebook Messenger, tanpa harus jadi friend dulu di Facebook, bahkan tanpa harus punya akun Facebook. Facebook Messenger menyediakan 2 cara login, pertama dengan akun Facebook (seperti sebelumnya) dan kedua dengan nomor telepon.

iPhone Screenshot 5

Kabarnya Facebook Messenger juga meningkatkan kecepatan lalu lintas pesan yang lewat, sehingga diharapkan mampu bersaing dengan mobile chat yang lain. Beda kan dengan Facebook versi web?

Sumber : mashable.com, itunes.apple.com

4 thoughts on “Facebook Messenger != Facebook

    1. Sayangnya, tidak ada menunya masbro. Satu-satunya cara adalah dengan masuk ke settingnya Android > pilih App > pilih Facebook Messenger > klik Clear Data. Demikian semoga membantu đŸ™‚

Leave a comment